Sektor Parekraf Bangkit Lebih Cepat Di Era New Normal

Jika terpaksa memegang uang, sediakan hand sanitizer dan imbau wisatawan untuk menggunakannya ketika selesai bertransaksi. Pasanglah papan interpretasi yang disertai dengan imbauan maupun poster edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Cobalah untuk mengemas informasi COVID-19 ke dalam bahasa yang tidak memengaruhi kenyamanan berwisata. Memasuki tahun ajaran baru di masa pandemi, perlu diatur tatanan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan secara bertahap. “Namun untuk saat ini dibukanya destinasi tetap bergantung dari keputusan pemerintah,” jelas Febrina.

Dalam fase kehidupan baru atau new regular, masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu mereka harus menerapkan protokol pencegahan penularan virus di setiap kegiatan yang melibatkan orang banyak. Beberapa standar protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh masyarakat dalan period new regular antara lain menggunakan masker saat bepergian dan menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain. Jika membahas period new regular yakni situasi dimana diikuti perubahan-perubahan perilaku orang-orang. Untuk itu, para pelaku usaha jasa wisata perlu menyiapkan 3 hal dasar yang menjadi prioritas guna menunjang sektor pariwisata yakni perhatian terhadap kebersihan, kesehatan dan keamanan. Ilustrasi konsep new regular Semua aktivitas masyarakat akan kembali diizinkan, mulai dari bekerja, sekolah hingga ke tempat wisata.

Hal ini diakibatkan karena adanya penurunan atau belum adanya peningkatan nilai dan aktivitas investasi yang mengakibatkan melambat atau menurunnya kegiatan dan pertumbuhan ekonomi. Masyarakat akan menjalani kehidupan New normal hingga ditemukan vaksin, yang dapat digunakan untuk menangkal virus corona. Sedangkan kepada Majelis Desa Adat Klungkung, Bupati Suwirta meminta untuk menggencarkan sosialisasi pelaksanaan kegiatan adat dan seni dimasa tatanan kehidupan baru. Meski diterapkan protokol kesehatan, namun persembahyangan hari raya galungan disalah satu pura terbesar di bali ini tetap berjalan dengan khidmat.

Bali menjalankan New Normal

Ia menyampaikan bahwa dirinya selaku wakil masyarakat Sumbawa telah melakukan tanam perdana Demfarm di Sumbawa. Dari sana, ia melihat hasil pengembangan beberapa jenis varietas kedelai oleh Balitbangtan BPTP NTB yang produksinya bisa mencapai 3,5 ton per hektar. Untuk itu, ujar dia, Mentan diharapkan bisa membuat simulasi anggaran berdasarkan data yang riil. “Agar kita tidak lagi bergantung dengan impor kedelai selama ini, berapa kebutuhan anggaran agar kita bisa produksi kedelai sesuai kebutuhan nasional supaya kita tidak merancang untuk impor terus,” ucap Johan. Ustaz Yusuf Mansyur menuliskan harapan besarnya untuk dunia pendidikan di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengunjungi destinasi pariwisata di Kabupaten Bima, NTB.

Daftar tersebut sebelumnya dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat pusat. Menentukan produk dalam bisnis UMKM adalah langkah yang paling utama sebelum bisnis berjalan. Produk yang Anda jual haruslah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh semua konsumen. Untuk itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu tentang selera pasar, tren pasar yang sedang berkembang saat ini, dan melihat seberapa besar peluang pasar yang akan kita bidik. Untuk bisa menghadapi pasar global KONG4D memang tidaklah mudah, karena produk UMKM akan bersaing dengan produk negara lain. Untuk menyiasatinya dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan UMKM agar bisa bersaing menghadapi pasar international.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *