Tradisi Unik Yang Hanya Ada Di Bali

Tradisi yang dilakukan oleh Suku Dani saat kematian seseorang yaitu salah satu dari mereka harus memotong ruas jari. Dalam upacara pemakaman Trunyan, jenazah yang sudah meninggal akan disimpan di atas tanah. Jenazah hanya ditutup menggunakan anyaman bambu agar tidak terlihat dari luar.

Bali penuh dengan kebudayaan yang unik

Percaya atau tidak, jumlah jenazah yang ditaruh pun tidak boleh melebihi 11 orang, pernah menikah, serta proses kematiannya wajar. Ada sebuah tradisi unik di Desa Trunyan, Bali, yang disebut Mepasah. Dalam Mepasah, jenazah tidak dikuburkan, melainkan dibiarkan terbaring di atas tanah. Uniknya, mayat tersebut hanya dibatasi pagar bambu sehingga bisa terlihat jelas.

Disajikan di panggung kehormatan dengan pendukung garapan berjumlah 100 orang. Menjunjung tinggi bahasa persatuan bermakna tekad untuk menjadi satu kesatuan Indonesia dengan tetap menjaga beragai keragaman bahasa daerah yang merupakan kekayaan bangsa. Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan karena dia atau mereka berbeda. Di dalam keberagaman kita juga harus dapat bersikap toleran, menghargai setiap perbedaan yang ada. Kekayaan budaya yang kita miliki ini merupakan anugerah Tuhan yang Maha Esa yang harus senantiasa kita syukuri, kita jaga, dan kembangkan untuk kesejahteraan bersama. Angklung terkenal karena untuk memainkannya secara bersama-sama dalam kelompok.

Ada beberapa tokoh cerita yang ditampilkan dalam tarian ikonik Bali ini seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugiwara. Provinsi Bali juga sebenarnya terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil disekitarnya seperti Pulau Nusa Penida, Slot Online Indonesia Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan. Mayoritas penduduk di Bali merupakan pemeluk agama Hindu sehingga tidak heran terdapat banyak pura dan dinamakan lain dengan sebutan Pulau Seribu Pura.

Mereka menggambarkan Pulau Bali hanya sebuah kehidupan dengan kebudayaannya yang menurut pandangan mereka sangat unik, tidak pernah dijumpai di tempat lain yang dikunjungi selama mereka mengelilingi dunia. Perjalanan wisata pertama dilakukan oleh Maha Rsi Markandeya dari tanah Jawa untuk tujuan penyebaran Agama Hindu di Pulau Bali pada abad ke 8 Masehi. Bangunan meru adalah lapisan batu yang memiliki serangkaian bentuk atap menyerupai tumpang piramida itu ditutup oleh daun palem hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *