Kelebihan Dan Kekurangan Memulai Bisnis Dropship

Mengenal bisnis dropship adalah pola bisnis yang sudah dikenal diberbagai kalangan terutama semenjak adanya era dunia internet yang dapat memudahkan para pelaku bisnis on-line dalam menjalani usahanya. Karena kita tidak harus berurusan dengan stok barang atau mengelola gudang, tenaga yang perlu kita keluarkan cukup rendah. Anda bisa membuka toko online di marketplace untuk menjalankan bisnis dropship.

Reputasi toko juga takkan sebaik yang khusus menjual produk tertentu. Menjalankan bisnis dropship memungkinkan Anda untuk berjualan berbagai produk. Mulai dari produk kebutuhan sehari-hari hingga produk digital seperti e-book Sweet Bonanza. Dropshipper tidak perlu menyiapkan gudang untuk menyimpan barang yang hendak dijual. Sebab, barang tersebut memang akan langsung dikirimkan oleh produsen ke konsumen langsung.

Jika supplier Anda berlaku tidak profesional, Anda akan jadi goal yang dipersalahkan konsumen. Jika produk yang Anda jual pangsa pasarnya terlalu sempit, skema ini tidak akan berjalan dengan baik. Skema dropship yang minim resiko cocok untuk Anda yang ingin coba-coba berbisnis online. Hindari supplier yang sifat produknya Pre Order, alias harus menunggu produksi dulu setelah buyer membayar, baru barangnya dikirim. Berbeda dengan reseller yang memiliki risiko kerugian yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan seorang reseller akan menyimpan stok barang-barangnya.

Apa itu dropshipper

Untuk bisa sukses dropship tentu kamu perlu sistem jualan yang benar. Seperti promosi, metode pembayaran, testimoni, diskon dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan kamu menjual produk yang awet penggunaannya. Sehingga buyer merasa percaya kalau kamu memang menjual produk yang berkualitas.

Reseller merupakan kata serapan Bahasa Inggris yang berasal kata dari ‘re’ yang artinya ‘kembali’ dan ‘sell’ yang berarti ‘menjual’, serta akhiran ‘-er’ yang bermakna pelakunya. Dapat disimpulkan bahwa reseller adalah orang yang membeli produk dari pihak lain untuk untuk dijual kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan. Kelemahan yang terakhir dari dropshipper adalah pekerjaan ini memiliki banyak sekali peminat, sehingga anda perlu berpikir dua kali untuk menjalankan bisnis ini. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan promosi yang berbeda dengan kompetitor.

Meskipun memiliki keuntungan yang lebih sedikit dibanding reseller, namun dropshipper tidak memiliki risiko kerugian, hal ini karena mereka tidak memiliki stok barang. Setelah Anda sudah memilih jenis produk yang cocok untuk Anda jual, Tahapan menjadi dropship di shopee selanjutnya adalah mengetahui cara mencari supplier di shopee yang tepat. Dropship tak membutuhkan modal, hanya membutuhkan kemauan, kuota pulsa buat promosi, dan mungkin tambahan kopi sachet supaya tetap melek balesin customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *